NqtdLGt5MWp6NWpcNWF7MaF7MTcsynIkynwbzD1c

Definisi Artikel Berkualitas dan Cara Menulis Artikel Berkualitas

BLANTERLANDINGv101
2809884970910567564

Definisi Artikel Berkualitas dan Cara Menulis Artikel Berkualitas

Kamis, 19 November 2020
Definisi Artikel Berkualitas
 
Menulis itu ada ilmunya. Setiap orang pasti bisa menulis, tapi tidak setiap orang bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas. Kualitas tulisan yang bagus menjadi kunci utama sukses dalam membius pembaca. Oleh karena itu, buat anda yang ingin menjadi penulis handal wajib banget untuk mengetahui definisi artikel berkualitas.

Definisi Artikel Berkualitas itu Seperti Apa?

Artikel berkualitas adalah artikel yang didalamnya mengandung seluruh informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. 

Terkadang kita tergoda untuk membuat artikel yang panjang. Tapi tahukah kamu jika artikel panjang yang kurang menarik bisa membuat pembaca bosan? Pembaca yang bosan dan isi artikel yang cenderung muter muter (spin) akan meningkatkan bounce rate yang dimana ini seharusnya bisa dihindari.

Terlepas dari itu semua, ada beberapa poin yang wajib kamu perhatikan saat ingin menulis artikel. Poin poin ini akan sedikit memandu kamu dalam pembuatan artikel yang berbobot dan mengedepankan target pembaca orang Indonesia (yang malas berliterasi). 

Pembahasan yang Runtut

Untuk membuat artikel berkualitas, kamu harus memperhatikan alur pembahasan yang ada di dalam artikel. Pembahasan tersebut harus dilakukan secara urut sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel.

Semisal, ketika ingin membuat aritkel mengenai “Pengertian Nuklir”. Maka pembahasan yang runtut haruslah seperti ini, pertama kamu harus membahas tentang sejarah nukilir, perkembangan teori nuklir, apa itu nuklir, dan kemudian pemanfaatan nuklir untuk berbagai bidang.

Artikel akan terasa aneh jika kita diawal awal artikel membahas tentang pemanfaatan nuklir secara langsung. Oleh karena iut, teknik menulis yang baik adalah harus algoritmik atau urut. Mulai dari definisi, sejarah, perkembangan, pemanfaatan dan seterusnya. 

Artikel Berisi

Sajikan informasi dalam sebuah artikel, informasi tersebut tentunya harus berisi dan bisa membikin pembaca “waahh”. Untuk menulis artikel berkualitas, orang itu haruslah menguasai terlebih dahulu topik yang hendak di tulis. 

Percuma jika ternyata orang itu kurang menguasai tapi sudah disuruh menulis artikel yang mendalam. Mungkin bisa saja ia menulis artikel, tapi pembahasan masih sebatas permukaannya saja. 

Bahasa yang Mudah Dicerna

Menulis tidak hanya menargetkan agar bisa page one Google, tapi juga menyajikan informasi yang dipahami oleh pembaca. Tapi jangan sampai kita membuat bahasa yang terlalu mudah dicerna, hingga anak TK pun bisa memahaminya. Gunakan bahasa yang cocok digunakan untuk jenis artikel kamu. 

Semisal akan terasa aneh jika artikel kamu membahas mengenai “cara menyusun tesis” tapi disajikan dengan bahasa anak TK. Tetap tunjukan bahwasannya kamu adalah orang yang berauthority mengenai artikel tersebut. Sehingga orang akan mengirang jika kamu adalah orang yang layak membahas artikel itu.

Isi Artikel Menjawab Semua Pertanyaan Pembaca

Tujuan pembaca mengunjungi blog kita apa sih? Tujuannya cuman 1, yaitu mencari jawaban. Supaya pembaca tidak kecewa dengan isi artikel, maka kamu harus menyajikan informasi yang mampu menjawab pertanyaan pembaca.

Isi artikel jangan jauh jauh dari judul yang memikat pembaca buat datang. Jangan berikan ekspetasi lebih jika ternyata isi artikel kamu kurang memuaskan. Berikanlah sedikit gambaran di awal supaya artikel berkualitas dapat terbentuk dengan baik.

Definisi artikel berkualitas memang sangatlah luas. Tapi paling tidak dengan mengikuti panduan itu, kamu sudah bisa menulis artikel yang berbobot dan cocok dibaca oleh masyarakat Indonesia. Ingat, orang Indonesia malas membaca, jadi kamu harus memiliki strategi menulis artikel yang tepat.

TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang